NEWS
DETAILS
Rabu, 06 May 2015 13:42 - Honda Bikers Aceh

Untuk semakin memperkenalkan keunggulan kopi gayo di pasar dunia, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan lembaga Save the Children menggelar Festival Kopi Gayo tahun 2015, yang berlangsung di GOR Simpang Tiga Redelong.

Ketua Panitia Pelaksana dari lembaga Save the Children, Imran MA, mengatakan beberapa kegiatan yang digelar dalam festival tersebut diantaranya adalah minum kopi sehat massal sebanyak 1.500 cangkir kopi.

Untuk kontes kopi jenis arabica gayo akan diramaikan oleh peserta dari tiga kabupaten bersaudara, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Pihak panitia mengahadirkan tim juri dari para pakar uji citarasa kopi (Q grader) Gayo Cupper team.

Festival juga akan diisi dengan orasi ilmiah oleh, Dr Ir Surip Mawardi SU, dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, Jawa Timur. Selain itu juga akan ada bazar dan pameran kopi yang memamerkan beragam produk kopi jenis arabica gayo.

Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani saat acara pembukaan festival yang berlangsung Rabu pagi 22 April 2015, menyebutkan bahwa perkebunan kopi rakyat yang tersebar di Kabupaten Bener Meriah mencapai luas 46.000 hektar .

Dia berharap festival kopi yang digelar bisa semakin mengangkat citra kopi gayo di pasar dunia. Selain itu, kegiatan festival kopi yang turut menjadi ajang pembelajaran serta berbagi ilmu diantara pakar dan pelaku kopi, juga diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu dan kualitas kopi gayo melalui sebuah proses pengolahan kopi yang baik, mulai dari tingkat petani hingga produsen kopi

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK