NEWS
DETAILS
Rabu, 12 Feb 2020 07:58 - Honda Bikers Aceh

Mesin bekerja dengan cara mencampur oksigen dan bensin yang kemudian dikompres oleh piston lalu dipercik oleh busi. Proses itulah yang terjadi sehingga mesin motor para bikers bisa nganterin kita ke tempat kerja atau ke tempat kopdar.

Tapi sampai sekarang masih suka bingung kan nentuin bensin RON berapakah yang tepat untuk motor kamu, Premium dengan RON 88, Pertalite RON 90, Pertamax RON 92 atau Pertamax Turbo dengan RON 98??

Nah, kita harus tau dulu apa itu RON. RON adalah singkatan dari Research Octane Number yang mana sebagai penanda seberapa besar tekanan yang bisa diberikan kepada bensin tersebut sebelum bensin terbakar. Oktana merupakan salah satu senyawa utama dari bensin, nilai oktan yang rendah dapat terbakar sebelum dipercik oleh busi. Kondisi tersebut terjadi karena panas yang dihasilkan oleh tekanan piston saat tahap kompresi. Kondisi ini biasa disebut knocking atau pre ignition atau biasa kalau para mekanik menyebut mesinnya mengelitik. Kalau dibiarin terus ini bisa membuat mesin jadi cepat rusak.

Memilih bensin memang harus mengacu pada buku manual dari motor. Mengisi bensin gak boleh sembarangan isi. Kalau motor para bikers memiliki kompresi tinggi, jangan pernah isi bensin dengan RON rendah, efeknya akan terjadi knocking dan mesin akan ngempos. Begitu pula dengan motor dengan kompresi rendah, jangan diisi dengan bensin ber RON tinggi, akibatnya kompresi gak dapat dan bensin tidak terbakar sempurna. Jadi Pilih bensin yang sesuai dan tepat untuk kesehatan motor kamu.

Jadi intinya, bensin yang tidak terbakar sempurna ataupun yang terjadi sebelum busi memercik api akan berefek ke mesin para bikers. Jadi dengan bensin dengan RON yang tepat akan menjaga mesin para bikers lebih sehat dan memilih bensin yang tepat juga mengurangi emisi gas buang motor kamu. Sehingga membantu keberlangsungan alam ini.

Semoga bermanfaat ya para bikers Aceh.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK