NEWS
DETAILS
Kamis, 21 May 2015 14:09 - Honda Bikers Aceh
Banda Aceh - Puluhan anggota KomunitasHonda mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digelar Capella Honda Banda Aceh di lantai II Kantor Capella Peunayong, Minggu (17/5). Tampil sebagai pembicara atau narasumber dalam pelatihan tersebut dari Harian Rakyat Aceh yakni dalam sesi Fotografi disampaikan oleh fotografer Harian Rakyat Aceh, Eno Sunarno dengan materi "Sambil Naik Motor Memanfaatkan Handphone Memotret Beragam Moment". Sementara Amru Lubis, Redaktur Pelaksana Harian Rakyat Aceh menyampaikan materi "Anak Motor Bisa Menuli".


Pada sesi fotografi, Eno Sunarno menjelaskan, sebagai jurnalis (wartwan foto), kita harus peka dengan kondisi dan objek yang kita foto, "Setiap memotret moment, saya lebih mengedepankan sisi humanis (kemanusiaan). Alasannya, jangan sampai objek yang difoto protes dan komplain kepada kita. sehingga saat esok hari koran terbit dan orang yang kita foto merasa dirugikan atau tak senang. Sehingga dia atau keluarganya marah-marah dan ribut kepada kita," ujarnya mencontohkan. Sementara itu pada materi yang dibawakan oleh Amru Lubis, lebih menekankan dan memotifasi agar club-club motor sekarang melatih bakat serta hobi menulis. selanjutnya mempraktekkannya dengan menulis kegiatan - kegiatan yang selama ini dilakoni club motor. Dalam hal menulis, Amru Lubis mengajak anggota club motor lebih awal memahami arti 5W+1H ini sangat penting, terutama menulis "lead". Konsep 5W+1H (Who, What, Where, When, Why, How). Amru Lubis mengajak komunitas motor Honda Aceh untuk memanfaatkan jejaring sosial dalam melatih  dan mepraktekkan menulis berita atau kegiatan, seperti touring, aksi sosial , gotong royong dan lainnya.


Memanfaatkan jeajring sosial  atau sosmed untuk menulis Karena kalaun bukan kita yang menulis , siapa lagi yang akan mempublikasikan kegiatan yang kita buat. Dan dengan menulis, mempublikasikan tulisan itu, lalu dibaca orang banyak, maka akan sampailah informasi tersebut kepada orang banyak. Sementara itu, mewakili pihak Capella Honda, Nurman sangat berterimakasih kepada kedua narasumber dalam pelatihan jurnalistik tersebut.


Beberapa club motor yang ikut dalam pelatihan jurnalistik diantaranya, Club KHTC, GASAK, HSFCI, FAMOC, HMPCI, CCB, CCI Banda Aceh. Nurman berharap, apa yang sudah didapat dalam pelatihan tersebut, dapat diaplikasikan dalam setiap bentuk tulidan dan hasil jepretan dari masing - masing komunitas motor Honda. Sehingga setiap ada kegiatan komunitas motor Honda. Sehingga setiap ada kegiatan komunitas motor, bisa mempublikasikannya, baik di media sosial, media online, media cetaka dan lainnya.
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK