NEWS
DETAILS
Rabu, 06 Jan 2016 13:33 - Honda Bikers Aceh

Rem menjadi salah satu komponen paling penting yang wajib berfungsi dengan baik pada kendaraan. Tanpa adanya rem, maka kendaraan akan sulit berhenti dan dikendalikan.

Saat ini, kebanyakan sepeda motor yang dijual sudah menggunakan rem berbentuk cakram. Berbeda dengan jenis teromol, rem cakram memiliki keunggulan dalam hal bobot, performa dan daya tahan.

Uniknya, cakram yang digunakan pada sepeda motor memiliki lubang-lubang, ada yang bulat dan ada juga yang berbentuk memanjang.

Dilansir dari Bikesindia, Rabu 6 Januari 2016, ada tiga alasan, mengapa produsen memakai cakram berlubang.

Yang pertama berhubungan dengan bobot. Meski pengurangan berat yang didapat dengan cara melubangi tidak seberapa, namun ternyata cara ini cukup efektif.

Alasan kedua yaitu untuk pendinginan. Akibat bergesekan dengan kampas, cakram akan mengalami panas berlebih. Dengan adanya lubang, bagian dalam besi cakram bisa terpapar udara, sehingga proses pendinginan berjalan sedikit lebih cepat.

Terakhir, lubang membantu rem bekerja optimal saat turun hujan. Air yang mengguyur cakram bisa membuat kampas tidak menempel sempurna, sehingga perlu adanya lubang.

 

Sumber : vivanews.com

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK