NEWS
DETAILS
Kamis, 02 Apr 2020 15:59 - Honda Bikers Aceh

Brader para penjelajah dan pencinta touring pasti punya keinginan untuk melakukan touring atau mengeplore Negara-negara luar dengan motor kesayangan. Tapi sebelumnya kamu merealisasikan mimpimu, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal berikut terlebih dahulu, agar perjalananmu lancer dan tanpa kendala.

1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

STNK merupakan syarat mutlak dan wajib dibawa saat berkendara. Karena tak hanya di Negara kita aja adanya razia atau pengecekan surat-surat kendaraan, tapi di ngeara luar juga ada, ini dilakukan untuk memastikan sepeda motor yang kita bawa legal.

2. SIM International

SIM International berbeda dengan SIM C pada umumnya yang kita gunakan sebagai lisence dalam mengendarai motor di Indonesia. Jika SIM yang kita pakai berbentuk kartu dan hanya berlaku di Negara kita saja, SIM International ini berbentuk buku dan berlaku diseluruh dunia. Cara pembuatannyapun mudah, cukup datang ke Korps Lalu Lintas POLRI dan membawa dokumen yang dibutuhkan. Sim International ini berlaku hingga 3 tahun.

3. Paspor & Visa

Nah, untuk kamu yang ingin keluar negeri dan berada di kawasan ASEAN, kamu cukup bikin paspor aja. Karena Negara-negara ASEAN bebas visa, Tapi kalau ingin riding di luar ASEAN, ada baiknya kamu membuat visa terlebih dahulu dan pastikan setiap Negara yang didatangi masa berlaku visa yang kamu miliki cukup.

4. Carnet De Passage En Douane

CPD ini adalah paspor bagi motor yang teman-teman bawa dari Indonesia untuk pergi menjelajah di luar negeri. Nah untuk pengurusan CPD ini, kalian harus datang ke kantor IMI di daerah kalian tinggal. Untuk persyaratan bisa kalian cek di website resminya IMI. Siapkan deposit sejumlah 25% sesuai harga yang ada difaktur kendaraan yang akan kalia bawa. Jika dibandingkan secara global, deposit CPD di Indonesia ini termasuk paling murah. Di London bisa sampai 300% lho.

Nah, itulah beberapa hal yang harus para bikers siapkan untuk melakukan touring atau menjelajah keluar negeri dengan menggunakan sepeda motor. Selain hal di atas, kalian juga harus memperisapkan plan tujuan Negara, mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang Negara tujuan, mencari link dan yang pasti membawa uang cash susai mata uang Negara tujuan dan dalam bentuk dalam kartu, agar memudahkan kalian apabila hendak bertransaksi di Negara tujuan.

 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK