NEWS
DETAILS
Rabu, 23 Mar 2016 13:58 - Honda Bikers Aceh

Setel Kerapatan Klep Motor

Bagi yang memiliki motor empat langkah, cara yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar yakni mengubah setelan klep. Komponen ini berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke ruang bakar.

Penyetelan dilakukan dengan merapatkan setelan klep motor, agar bukaan katup menyempit, sehingga bensin yang mengalir akan lebih sedikit.

Pelumas

Pelumas yang baik mampu membuat mesin lebih ringan kerjanya, serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Hal ini akan membuat daya kerja mesin lebih optimal, sehingga bensin dapat lebih hemat. Penggantian oli secara rutin dianjurkan, sebagai langkah menjaga sistem kerja mesin.

Cara Berkendara

Karakter setiap pengguna motor selalu berbeda. Agar lebih hemat bahan bakar, cara menggunakan motor harus lebih stabil dalam menarik tuas gas motor dan juga memacu kecepatan motor. Akan lebih baik menggunakan motor dengan kecepatan stabil.

Selaku Cek Tekanan Ban

Jika tekanan angin kurang, BBM akan lebih boros, karena apabila putaran roda berat, laju motor akan lebih lambat, sehingga dapat memboroskan bahan bakar.

Beban Saat Mengendarai Motor

Hindari pemakaian aksesori secara berlebihan, sehingga membuat berat motor bertambah. Jangan mengangkut barang dan penumpang secara berlebih dengan motor, karena beban pada motor membuat kerja mesin lebih berat, dan hal tersebut membuat bahan bakar lebih boros.

Sumber: VIVA.co.id

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK